Masalah-Masalah yang Ditimbulkan oleh Keanekaragaman dan Perubahan Sosial

Sejalan dengan adanya perubahan-perubahan masyarakat, kebudayaan pun mengalami perubahan karena kebudayaan merupakan hasil kesatuan sosial yang hidup dalam masyarakat dan digunakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan anggota masyarakat pula. Oleh karena itu jika masyarakat berubah, dengan sendirinya kebudayaan pun akan ikut berubah. Perubahan-perubahan tersebut meliputi seluruh unsur kebudayaan. Keanekaragaman kebudayaan  yang ada di Indonesia nampak sebagai berikut.

  • Sistem Religi atau Kepercayaan

Sebelum bangsa Indonesia mengenal agama, masyarakat tradisional di Indonesia telah mengenal sistem kepercayaan animisme dan dinamisme. Dalam perkembangan selanjutnya, manusia juga berutang budi kepada nenek moyangnya. Sehingga lahirlah suatu kepercayaan memuja roh nenek moyang.

Setelah tersebarnya agama dari Asia (Budha, Hindu, Islam, Kristen, Protestan) bangsa Indonesia memeluk agama tersebut.Seiring dengan perkembangan, mengakibatkan unsur kebudayaan berupa perubahan sistem religi      tersebut berilih kepada ajaran agama yang dibawa oleh para pendatang dari negara asing, baik para pedagang, musafir, misionaris maupun pendakwah yang menyebarluaskan ajaran agama.

  • Sistem Organisasi Sosial

Dari waktu ke waktu sistem organisasi sosial mengalami  perubahan. Pola kehidupan masyarakat Indonesia yang majemuk mengakibatkan adanya perbedaan dalam hal pengaturan sistem kekerabatan.Berbagai macam cara dikembangkan oleh manusia untuk mencipatakan keteraturan dalam kehidupan sosial. Perubahan itu meliputi sistem kekerabatan, sistem organisasi sosial politik, hukum dan perkawianan.

  • Sistem Kesenian

Keindahan alam dan budaya bangsa Indonesia tertuang dalam berbagai bidang kesenian, baik seni lukis, drama, seni sastra, dan sebagainya. Berbagai jenis ukiran ornamen dan rumah/bangunan, seni tari dan patung dari masyarakat tradisional sangat variatif dan digemari hingga kini oleh masyarakat dunia.Pada dasarnya manusia lebih menyukai hal-hal yang bersifat baru. Begitu juga dalam sistem kesenin mengalami perubahan, baik yang bercorak religius maupun bersifat umum.

  • Sistem Mata Pencaharian

Masyarakat Indonesia yang multikultural mengenal berbagai jenis mata pencaharian yang sesuai dengan kondisi geografis dan lingkungan alamnya.Perbedaan keadaan lingkungan mengakibatkan adanya aneka ragam mata pencaharian, dari berbur u, beternak, nelayan, bercocok tanam, berdagang dan sebainya. Oleh karena itu di Indonesia muncul suku-suku bangsa yang memilki kepiawaian dalam suatu jenis mata pencaharian.

  • Sistem Teknologi

Sejak zaman dahulu bangsa Indonesia telah mengenal peralatan hidup dan teknologi yang cukup maju. Bangunan Borobudur yang megah dan dikagumi banyak orang dan dikenal sebagai salah satu dari keajaiban dunia, merupakan salah satu bukti bahwa bangsa Indonesia telah mampu menemukan suatu teknologi yang begitu hebat sehingga dapat membuat bangunan megah tersebut. Beberapa arsitektur rumah tradisional dari berbagai suku bangsa yang ada di indonesia menunjukkan keanekaragaman sistem peralatan hidup dan teknologi yang dimiliki bangsa Indonesia sebagai bangsa dengan masyarakat majemuk.

  • Sistem Pengetahuan

Masyarakat tradisonal kita telah mengenal berbagai sistem pengetahuan yang berperan penting dalam kehidupan. Pada zaman dahulu, pada kegiatan menghitung biasanya cukup dengan menggunakan jari. Dalam perkembangan selanjutnya, setelah perkembangan ilmu pengetahuan, digunakan alat hitung dari kayu yang dibuat bulat-bulat kecil yang berfungsi sebagai angka satuan, puluhan, ratusan, ribuan dan sebagainya. Sekarang sudah muncuk komputer sebagai alat uintuk menghitung. Ilmu pengetahuan dan teknologi tidak lagi diragukan sebagai suatu kebutuhan mendasar, terlebih di era globalisasi. Sebaba dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, upaya peningkatan kesejahteraan dan peningkatan sumber daya manusia.

  • Bahasa

Di Indonesia terdapat banak bahasa daerah. Hampir setiap suku bangsa yang ada di Indonesia memiliki bahasa daerah. Padahal bahasa merupakan alat komunikasi antarwarga. Oleh karena itu sejak 28 Oktober 1928 bangsa Indonesia mencetuskan  sumpah pemuda yang diantaranya mengakui bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan yang dipergunakan sebagai bahasa resmi bagi bangsa Indonesia. Keberadaan bahasa Indonesia inilah  yang menyatukan berbagai suku bangsa. Dalam berkomunikasi, sehingga terhindar dari kesalahpahaman.


2 Tanggapan to “Masalah-Masalah yang Ditimbulkan oleh Keanekaragaman dan Perubahan Sosial”

  1. makasih ya…..
    informasi’a bagus bnget…🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: